Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung

Contoh Kasus Geostrategi

3 min read

Contoh Kasus Geostrategi

Geostrategi ialah salah satu masalah yang teramat penting untuk bangsa mana saja, baik masa depan, masa kini serta bahkan untuk masa lampau. Dikarenakan setiap negara dan juga bangsa pastinya membutuhkan strategi di dalam pemanfaatan wilayah yang mereka punya sebagai ruang lingkup nasional. Dan dibawah ini kami akan merangkum beberapa contoh kasus geostrategi yang pernah terjadi di negara Indonesia.

Ini semua di lakukan hanyalah untuk menentukan sarana, tujuan nasional, kebijakan, perwujudan kepentingan serta yang lainnya melalui suatu pembangunan.

Dengan cara ini salah satu bangsa serta negara akan dinyatakan tetap terdapat di dalam arti politis, sosial budaya, hankam, ideologis serta ekonomis.

Geostrategi itu sendiri ialah kata yang asalnya dari geo serta strategi yang maknanya bumi serta salah satu usaha yang menggunakan segala sumber daya kemampuan baik itu SDA ataupun SDM yang dilakukan sebagai pelaksanaan berbagai kebijakan yang sudah diputuskan.

Geostrategi dapat diartikan sebagai sebuah aturan ataupun metode yang menjadi sebuah alat dalam mewujudkan cita-cita atau tujuan negara melalui suatu proses pembangunan yang pada nantinya akan mengarahkan bangsa dalam membuat keputusan ataupun strategi pembangunan yang terimajinasi serta terukur berguna mencapai masa depan yang jauh lebih aman, bermartabat serta lebih baik.

Apabila kita mengkaji mengenai contoh kasus geostrategi yang terjadi di Negara Indonesia, maka kita bisa menemukan beberapa kasus seperti hal yang kami rangkum di bawah ini:

1. Sengketa Pulau Miangas Indonesia dengan Filipina

contoh hubungan geopolitik dan geostrategi

Contoh kasus geostrategi pertama di Indonesia ialah perebutan pulau Miangas dimana di perebutkan oleh Filipina dan Indonesia. Sengketa pulau ini terjadi di tahun 1979 silam yang dimana adanya perebutan antara pantai Mindanao yang merupakan bagian wilayah negara Filipina serta pulau miangas di Indonesia.

Karena apabila mengkaji secara jauh maka kasus yang satu ini akan berbuntut panjang seperti dengan halnya Sejarah UUD. Pulau Miangas itu sendiri sudah diputuskan menjadi bagian dari wilayah Hindia Belanda di tahun 1928, tapi letak pulau ini yang ada di sebelah perairan Filipina yang menyebabkan adanya sengketa perebutan pulau itu.

Bahkan kepemilikan dari pulau ini semakin jelas karena adanya tugu perbatasan yang terjadi diantara wilayah Indonesia dan wilayah Filipina pada tahun 1955.

2. Batasan Daratan Antara Indonesia dan Malaysia Mengenai Ambalat

implementasi geostrategi indonesia

Ini merupakan sengketa lain dan termasuk salah satu contoh kasus geostrategi yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia dan malaysia dikarenakan perebutan wilayah ambalat.

Perebutan ini terjadi karena potensi serta keistimewaan pulau ambalat yang sangat kaya akan keindahan bawah laut serta bahkan sangat menguntungkan di sektor pertambangan minyak.

Sengketa ini berdasarkan salah satu peta baru yang dibuat oleh malaysia yang dimana sangat mengejutkan memasukan pulau ligitan serta sipadan di dalam peta mereka pada tahun 1969 serta tentunya hal tersebut membuat Indonesia tak terima. 

Peran dari Warga Negara dalam Proses Pembangunan pastinya akan terganggu karena adanya hal itu. Dikarenakan penentuan itu berdasarkan oleh aturan yang tak jelas dan juga sifatnya sepihak. Pengajuan serta pembaharuan sepihak itu membuat Indonesia tak menyetujui peta baru dari negara malaysia.

3. Masalah Perbatasan Timor Timur Negara Indonesia

contoh kasus wawasan nusantara 2018

Contoh kasus geostrategi lagi di Indonesia ialah masalah perbatasan negara yang sudah dilakukan oleh negara Timor Leste, salah satu negara baru semenjak lepas dari NKRI di tahun 1999 silam.

Ini ialah salah satu kasus geostrategi yang dimana masyarakat timor leste sudah mengklaim wilayah Indonesia yang tepatnya terdapat di perbatasan wilayah mereka dan perbatasan Indonesia yakni perbatasan antara Timor Leste dengan kabupaten Timor Tengah Utara.

Terdapat 5 titik yang belum dapat terselesaikan dengan baik dan akan dibawa ke meja PBB sebagai sebuah bentuk Perwujudan Nilai Pancasila dalam Bidang Politik. 5 titik itu ialah Tubu Banat, Imbate, Nimlat, Sumkaem serta Haumeniana yang total luas sudah di kuasai oleh timor leste yakni sebanyak 1.301 ha.

Sedangkan 3 titik yang terdapat diantara kelima titik itu terdapat di perbatasan Timor Leste dengan adanya kabupaten timur tengah serta di perbatasan belu. Penetapan batas laut juga menjadi imbas dari lamanya serta berlarutnya penyelesaian masalah perbatasan yang satu ini.

4. Batas Perairan Indonesia dan Malaysia Pada Selat Malaka

contoh kasus geopolitik di indonesia

Contoh ke empat yaitu perselisihan yang dipicu di tahun 1969 yang dimana kala itu Malaysia sudah menyatakan bahwa mereka mempunyai lebar wilayah 12 mil laut pada saat melakukan pengukuran garis dasar yang sudah mengacu pada ketetapan dalam Konvensi Jenewa yang dilakukan pada tahun 1958.

Padahal Indonesia itu sebenarnya lebih dulu sudah melakukan penetapan batas wilayahnya yakni sekitar 12 mil laut yang ada di garis dasar ini termasuk juga selat malaka pastinya. Ini menjadi salah satu perseteruan di antara kedua negara itu mengenai batas dari laut wilayah perairan mereka pada selat malaka yang tak sampai 24 mil laut.

Tapi di tahun 1970 pada bulan februari sampai bulan maret, diadakan salah satu perundingan mengenai batas wilayah tersebut sampai akhirnya melahirkan salah satu perjanjian mengenai batas batas wilayah perairan yang dipunyai kedua negara pada selat malaka.

5. Batas Daratan Negara Indonesia dan Singapura 

kasus geostrategi indonesia 2020

Contoh kelima salah satu sengketa yang dimana melibatkan negara Indonesia dan Singapura mengenai adanya penambangan pada pasir laut di dekat Kepri yang sudah dilakukan pemerintah Singapura dimana seharusnya mendapatkan persetujuan terlebih dulu dari Indonesia.

Karena terdapat aktivitas penambangan tersebut menyebabkan suatu kerusakan parah di ekosistem pada bagian pesisir pantai sehingga banyak sekali para nelayan di Indonesia kehilangan pekerjaan mereka.

Bahkan keberadaan pulau kecil di negara Indonesia kian terancam akibat penambangan pasir laut yang sangat serius dikarenakan sudah terdapat kasus seperti halnya pulau nipah yang pada akhirnya tenggelam.

Dikarenakan hal ini pada nantinya dapat menyebabkan adanya pergeseran serta perubahan diantara batasan laut Indonesia dan wilayah singapura, dikarenakan bentuk geografis Indonesia menjadi berubah.

Maka kementerian pertahanan negara Indonesia melakukan upaya dalam reklamasi pulau nipa pada tahun 2004 sampai tahun 2008 menjual pasir pantai yang ada di pulau itu ke pemerintah Singapura.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan oleh doki.co.id mengenai Contoh Kasus Geostrategi dan penjelasannya masing-masing. Semoga ilmu yang kami berikan diatas dapat bermanfaat untuk adik-adik semua. Sekian terimakasih.

Rate this post
Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung