Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung

Contoh Kasus Pancasila Sebagai Etika Politik

4 min read

Contoh Kasus Pancasila Sebagai Etika Politik

Pancasila sebagai ideologi ataupun pandangan hidup dari bangsa Indonesia yang menempatkan pancasila sebagai sumber dari nilai-nilai yang terdapat dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara. Makna pancasila sebagai sebuah ideologi negara Indonesia tak terkecuali di dalam kehidupan politik negara Indonesia.

Terdapat serangkaian nilai yang sumbernya dari Pancasila dan juga membentuk sebuah etika politik untuk para pelaku politik yang ada di Indonesia. Dengan adanya etika politik, maka negara Indonesia sudah memiliki pedoman dalam menjalankan semua kegiatan politiknya supaya sesuai contoh dari pancasila sebagai suatu etika politik.

Pengertian Etika Politik

implementasipancasilasebagaietikapolitik

Menurut substantif pengertian dari etika politik tak bisa dipisahkan oleh subjek sebagai seorang pelaku etika ialah manusia. Oleh sebab itu etika politik berkaitan erat dalam bidang pembahasan moral. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa sanya pengertian moral senantiasa menunjuk pada manusia sebagai sebuah subjek etika.

Maka kewajiban moral itu sendiri dibedakan menjadi pengertian dan kewajiban-kewajiban yang lainnya, dikarenakan yang dimaksud ialah kewajiban manusia sebagai seorang manusia. Meskipun di dalam hubungannya dengan masyarakat, Negara serta Bangsa, etika politik yang meletakkan dasar fundamental sebagai manusia.

Dalam sebuah kehidupan bermasyarakat secara demikian maka seseorang baik moral kemanusiaan akan selalu dipandang tak baik menurut negara kemudian oleh masyarakat otoriter, dikarenakan tak bisa hidup sesuai aturan yang buruk di dalam sebuah masyarakat negara.

Oleh sebab itu aktualisasi etika yang selalu senantiasa mendasarkan pada ukuran harkat dan juga martabat manusia sebagai seorang manusia (Suseno, 1987:15). Dari abad ke-17 filsafat sudah mengembangkan pokok-pokok dari etika politik seperti hal berikut:

  1. Pemisahan diantara kekuasaan gereja serta kekuasaan negara
  2. Keadilan sosial
  3. Kebebasan berfikir serta memilih agama
  4. Hak-hak asasi manusia
  5. Pembagian sebuah kekuasaan
  6. Negara hukum republik atau demokratis
  7. Kedaulatan rakyat

Baca Juga: Perbedaan BUMN dan BUMD

Prinsip-prinsip Dasar Etika Politik

contoh kasus etika politik dan solusinya

Didalam pembahasan soal contoh dari pancasila sebagai etika politik, kita tak dapat lepas dari prinsip-prinsip dasar pancasila sebagai suatu etika politik.

Secara garis besar, kita dapat mengambil 5 poin dari pancasila yang bisa dijadikan sebagai prinsip etika politik. Berikut adalah prinsip dari etika politik yang berdasarkan pancasila.

  • Pluralisme

Dengan pluralisme yang dimaksud kesediaan dalam menerima pluralitas, artinya untuk hidup positif, toleran, damai, dan biasa ataupun normal bersama dengan warga masyarakat yang berbeda-beda pandangan hidup, budaya, agama, dan juga adat.

Mengimplikasikan pengakuan kepada kebebasan beragama, berfikir, mencari sebuah informasi dan juga toleransi memerlukan sebuah kematangan kepribadian seseorang dan juga kelompok orang yang terungkap dalam Ketuhanan Maha Esa yang dimana menyatakan bahwasanya di Indonesia tak terdapat orang yang boleh didiskriminasikan dikarenakan keyakinan religiusnya.

  • Keadilan Sosial

Keadilan ialah norma moral yang paling dasar di dalam kehidupan bermasyarakat, keadilan sosial yang mencegah dari perpecahan serta tuntutan keadilan sosial tak boleh difahami dengan ideolodis, sebagai pelaksana dari ide-ide, dan juga agama-agama tertentu.

Keadilan merupakan terlaksana karena Keadilan sosial yang diusahakan dengan cara membongkar ketidak adilan di dalam masyarakat

  • HAM

HAM yang menyatakan bagaimanakah manusia wajib diperlakukan serta wajib tak diperlakukan supaya sesuai martabatnya sebagai seorang manusia Kontekstual dikarenakan baru memiliki fungsi yang dimana manusia tak lagi dilindungi adat ataupun tradisi dan juga sebaliknya.

Diancam Negara modern Mutlak dikarenakan manusia mempunyainya bukan dikarenakan pemberian Negara, masyarakat, melainkan karena ia seorang manusia, jadi dari tangan sang pencipta Kemanusiaan yang adil dan juga beradab juga menolak suatu kekerasan dan juga eklusivisme suku serta ras

  • Demokrasi

Prinsip dari kedaulatan rakyat yang menyatakan bahwasanya tak terdapat manusia ataupun sebuah elit, untuk menentukan serta memaksa kan bagai manakah orang lain harus ataupun boleh hidup secara Demokrasi berdasarkan kesadaran bahwasanya mereka yang dipimpin berhak untuk menentukan siapa yang akan memimpin mereka dan kearah mana tujuan mereka dipimpin ialah kedaulatan rakyat serta keterwakilan.

Jadi demokrasi memerlukan suatu sistem penterjemah kehendak dari rakyat kedalam tindakan-tindakan politik dasar demokrasi yang dijalankan atas dasar ketaatan kepada hukum Pengakuan dan juga jaminan kepada HAM.

  • Solidaritas Bangsa

Solidaritas yang mengatakan bahwasanya kita bukan hanya hidup untuk diri sendiri yang melainkan demi orang lain solidaritas yang dilanggar. Korupsi bak kanker yang dimana menggerogoti kejujuran, sikap objektif, tanggung jawab, dan juga kompetensi orang ataupun kelompok orang korupsi.

Contoh Pelanggaran Pancasila Sebagai Etika Politik

soal dan jawaban tentang pancasila sebagai etika politik

Yang begitu disayangkan untuk saat ini di Indonesia ialah para pelaku politik yang dimana belum dapat bersikap sesuai contoh pancasila sebagai suatu etika politik. Masih banyak juga pelanggaran etika politik terjadi di Indonesia.

Contoh kasus pelanggaran pancasila sebagai etika politik yang terjadi di Indonesia, antara lain sebagai berikut:

  1. Pejabat terlibat didalam kasus korupsi.
  2. Penegak hukum serta pengadilan yang sering menerima suap bagi kepentingannya sendiri.
  3. Elit politik yang diman terjerat kasus, tapi mendapat sebuah perlakuan khusus dalam proses peradilan dan pada saat menjalani masa hukumannya.
  4. Pengalihan isu dari kasus-kasus yang belum klimaks.
  5. Serangan fajar ataupun gratifikasi berkedok sebagai bakti sosial yang dilakukan calon pejabat.
  6. Negosiasi yang dimana melibatkan nominal agar mendapatkan suatu posisi.

Contoh dari Pancasila Sebagai Etika Politik

contoh kasus etika politik

Setelah kita membahas mengenai contoh kasus pelanggaran pancasila sebagai etika politik, maka pembahasan selanjutnya kami akan memberikan beberapa contoh pancasila sebagai etika politik yang antara lain sebagai berikut.

  • Kebebasan dalam menyampaikan pendapat seperti hal yang sudah dijelaskan di dalam UU 1945 pasal 28.
  • Kebebasan berpikir serta mencari informasi mengenai kehidupan politik Indonesia.
  • Semua warga negara berhak menjadi seorang pemimpin dan juga wakil rakyat dengan cara sudah memenuhi syarat-syarat yang sudah berlaku.
  • Wakil rakyat memiliki fungsi sebagai pembela dan juga pejuang hak-hak rakyat yang sudah diwakilinya.
  • Penyelenggaraan PEMILU sebagai wujud dari pesta demokrasi rakyat.
  • Kebebasan dalam memilih calon pemimpin ataupun wakil rakyat sebagai wujud dari kedaulatan rakyat.
  • Kebebasan untuk bisa ikut berpartisipasi menjadi seorang calon wakil rakyat ataupun pemimpin.
  • Bebas dalam menyalurkan aspirasi ataupun kritik pemerintah.
  • Menjadikan musyawarah sebagai metode dalam menetapkan kebijakan.
  • Pemerintahan yang sangat transparan dan juga bertanggung jawab.
  • Terbukanya sebuah ruang public untuk masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya
  • Kebebasan dalam memeluk agama di negara Indonesia sesuai agama-agama yang sudah diakui Indonesia.
  • Toleransi kepada kegiatan peribadatan serta perayaan hari raya suatu agama yang tertentu.
  • Memberikan jaminan perlindungan serta keaman kepada upacara keagamaan sebuah agama yang sedang berlangsung di negara Indonesia.
  • Mencegah adanya suatu konflik dalam menjaga stabilitas nasional.
  • Semua pelaku politik tak menyalahgunakan kekuasaannya dikarenakan hal itu salah menurut agama apa saja.
  • Tak memberikan kekuasaan ataupun jabatan politik untuk orang dengan cara mempertimbangkan budaya, suku, dan juga agamanya.
  • Toleransi diantara sesama warga negara dalam menjalankan kehidupan politik.
  • Selalu mengutamakan kepentingan umum dari kepentingan pribadi ataupun suatu golongan tertentu.
  • Tak mudah untuk melontarkan sebuah ujaran kebencian di dalam konteks politik, terutama menyinggung soal SARA.
  • Tidak terdapat diskriminasi terhadap jenis kelamin bagi semua warga negara yang memiliki potensi untuk duduk pada kursi kepemimpinan.
  • Warga negara mendapatkan perlakuan yang sama di dalam memperoleh sebuah fasilitas dalam mendukung kegiatan politiknya.
  • Kebijakan pemerintah yang harus sesuai kebutuhan dan juga kepentingan rakyat, bukan hanya untuk kepentingan elit politik.
  • Hukum berlaku dengan adil dan juga merata, tak tumpul ke atas serta tajam ke bawah.
  • Penerapan legalitas hukum di negara Indonesia sebagai sebuah negara hukum.
  • Pemerintahan yang jauh dari tindakan korupsi, kolusi, serta nepotisme.

Baca Juga: Pengertian Tata Tertib Sekolah

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan oleh doki.co.id mengenai Contoh Kasus Pancasila Sebagai Etika Politik lengkap dengan pengertian dan prinsipnya. Semoga ilmu yang kami berikan diatas dapat bermanfaat untuk adik-adik semua. Sekian terimakasih.

Rate this post
Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung