Dropship, rekomendasi bisnis online terbaik

Dropship adalah sebuah sistem yang berlaku dalam bisnis online yang mana pelakunya tidak melakukan stok barang, mereka hanya akan meneruskan order yang diterima kepada supplier atau pemasok yang menjual barang tersebut. Peran mereka hanyalah sebagai penghubung antara pembeli dengan produsen.

Bisnis online yang memiliki banyak peminat

Dengan semakin berkembangnya teknologi di era digital, serta pertumbuhan pasar e-commerce maka semakin banyak bermunculan pula bisnis-bisnis yang dijalankan dengan pola online seperti jasa pembuatan website, jasa desain grafis, blogger, jasa menulis artikel, reseller, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Diantara bisnis-bisnis tersebut, dropship merupakan primadona di kelas bisnis online. Beberapa alasan yang menyebabkan bisnis ini memiliki banyak peminat adalah menjadi seorang dropshipper tidak memerlukan modal yang besar karena peran kita hanya sebagai pihak ketiga, memiliki jam kerja dengan fleksibilitas yang tinggi bahkan anda bisa mengerjakannya sembari rebahan diatas kasur, minim resiko karena tidak harus melakukan stok barang.

Selain itu menjadi dropshipper tidak dituntut memiliki kemampuan tinggi selama bisa menggunakan hp dan aplikasi marketplace untuk melakukan promosi barang, barang yang dapat dijual juga lebih beragam tanpa takut barang tersebut tidak laku, karena tidak melakukan stok barang anda tidak perlu menyediakan gudang untuk menyimpan produk sehingga biaya operasionalnya lebih sedikit.

Banyak orang beranggapan bahwa menjadi dropshipper sama halnya dengan reseller, padahal keduanya memiliki karakteristik yang berbeda yakni modal yang dibutuhkan reseller lebih besar karena harus melakukan stok barang, keuntungan yang diperoleh reseller lebih besar karena harga barangnya lebih kompetitif, strategi pemasaran yang dapat digunakan reseller lebih banyak tidak hanya pada marketplace tetapi juga secara langsung.

Perbedaan lainnya resiko yang harus ditanggung reseller lebih besar akibat adanya stok barang, keterlibatan reseller dalam prosesnya mulai dari promosi hingga pengiriman barang kepada konsumen sedangkan dropshipper hanya bertugas promosi dan meneruskan order, reseller juga harus menyediakan tempat untuk menyimpan barang.

Tips menjadi dropshipper handal

Karena memiliki banyak peminat hal itu berarti bisnis ini memiliki banyak kompetitor sehingga agar mampu bersaing dan menjadi dropshipper handal, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu:

  • Memilih barang dan supplier yang tepat, dengan karakter barang yang memiliki permintaan tinggi dalam jangka waktu lama. Jangan memilih barang yang dijual oleh competitor besar.

  • Memberikan nilai jual yang unik seperti memberikan poin atau tester produk dan biaya kirim yang kompetitif

  • Melakukan branding agar bisnis anda selalu diingat konsumen

  • Membuat serta menjalankan website agar tetap memiliki kepercayaan konsumen serta membantu dalam melakukan branding

  • Menerapkan sistem otomatis seperti detail pembelian, notifikasi pembayaran, dsb

  • Melakukan promosi dengan sentuhan urgensi seperti melabeli barang dengan edisi terbatas

Meski bisnis dropship memiliki peran hanya sebagai pihak ketiga, namun demikian anda juga bisa meraih kesuksesan yakni dengan menerapkan sistem kerja yang disiplin agar kepercayaan konsumen terus meningkat. Anda juga perlu melakukan pencatatan akuntansi pada bisnis anda yang meliputi catatan pengeluaran, pemasukan, hutang piutang, dsb. BukuKas sebagai platform akuntansi digital akan memudahkan dan mengamankan pekerjaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *