Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung

Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Toleransi

3 min read

Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Toleransi

Mempunyai sikap toleransi ialah contoh penerapan sila pertama pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian apakah faktor penyebab terjadinya perilaku toleransi di dalam masyarakat? Maka simaklah artikel ini untuk bisa mengetahuinya.

Pancasila sebagai sumber hukum sekaligus dasar negara Indonesia ialah patokan yang sangat mendasar untuk perilaku toleransi di negara Indonesia. Kemudian pancasila juga sebagai etika dalam berpolitik yang membuat kedudukan pancasila lebih tinggi dibandingkan UUD 1945.

Meskipun begitu di dalam kehidupan bermasyarakat kita bisa menemukan beberapa contoh kasus pelanggaran terhadap pancasila yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia itu sendiri.

Karena sangat pentingnya perilaku toleransi di negara Indonesia, maka sejak dini tunas bangsa sudah dididik untuk dapat mengamalkan semua contoh pancasila sebagai sebuah pengetahuan ilmiah supaya kelak mereka menjadi seorang warga negara yang menjunjung tinggi sebuah toleransi untuk persatuan bangsa.

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa faktor penyebab terjadinya sebuah perilaku toleransi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Keinginan Menciptakan Persatuan dan juga Kesatuan

jelaskan faktor penyebab perilaku toleransi

Faktor pertama yang menyebabkan terjadinya perilaku toleransi ialah keinginan menciptakan sebuah persatuan dan juga kesatuan. Pada saat setiap warga negara yang ingin menciptakan kesatuan dan persatuan, maka di setiap hal yang berpotensi untuk memecah belah Indonesia bisa dihindari.

Dimanapun kalian berada, kalian akan selalu berusaha untuk menanamkan toleransi supaya selalu menjalin suatu perdamaian beserta kerukunan dengan masyarakat lainnya.

Contohnya, saling toleransi kepada suku, agama, dan juga ras bangsa ialah contoh kerukunan dan tata tertib di sekolah. Sikap ini hanya dapat menumbuhkan apabila kalian mempunyai keinginan dalam menciptakan persatuan dan juga kesatuan di dalam lingkungan sekolah.

Sikap untuk Saling Tolong Menolong

coba simpulkan perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan

Faktor penyebab yang kedua terjadinya perilaku toleransi ialah sikap untuk saling tolong menolong antar sesama. Sikap untuk saling tolong menolong dapat hadir walaupun kalian mempunyai perbedaan dengan orang lain.

Misalnya, kalian melihat seseorang yang sedang kecelakaan di pinggir jalan. Tanpa harus mengetahui suku, ras, dan juga agamanya, kalian dapat menolong orang itu dengan memanggilkan ambulan agar dapat membawanya ke rumah sakit agar dapat diobati.

Sikap Saling untuk Peduli Pada Sesama

dampak dari apakah tidak adanya perilaku toleransi dalam kehidupan

Kepedulian kepada sesama seharusnya diterapkan dimanapun dan juga kapanpun. Membantu ayah ataupun ibu ialah contoh sikap peduli di dalam rumah.

Membantu korban yang terkena bencana alam tanpa harus memandang suku, agama, dan juga ras ialah salah satu contoh sikap peduli kepada sesama.

Sikap untuk Saling Menghargai dan Menghormati

faktor penyebab rendahnya sikap toleransi

Hadirnya sikap untuk saling menghargai dan menghormati ialah salah satu faktor penyebab terjadinya perilaku toleransi. Pada saat warga negara dapat saling menghormati terhadap pilihannya masing-masing, maka tak akan ada sebuah perpecahan yang dapat menjadi masalah.

Sikap saling menghormati pilihan serta kepercayaan terhadap orang lain bukan berarti kalian harus mempercayai hal itu juga. Tapi, pada saat kalian tak mempermasalahkan pilihan itu dan tak memaksa orang lain menuruti keinginan kalian, hal ini telah dapat disebut dengan sikap saling hormat menghormati.

Sikap Menerima dan Saling Menghargai Perbedaan

faktor penghambat toleransi

Perbedaan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan sesuatu yang wajar. Anda dan warga negara yang lain bisa berbeda agama, pilihan politik, ataupun lagu kesukaan. Indonesia sebagai negara demokrasi begitu mendukung perbedaan yang satu ini.

Menghargai dan juga menerima perbedaan menjadi sebuah perilaku dalam budaya demokrasi. Contohnya, pada saat kalian sedang dalam sebuah musyawarah terdapat perbedaan pendapat dengan peserta musyawarah yang lainnya.

Apabila kalian mempertahankan pendapat kalian dan tak ingin menerima pendapat dari orang lain, maka tujuan dari musyawarah tak akan tercapai. Sikap untuk saling menghargai dan juga menerima perbedaan seharusnya telah diajarkan dari tingkat keluarga terlebih dahulu.

Sikap ini ialah salah satu cara untuk menjaga nama baik keluarga pada saat berada di luar rumah. Dengan kita menghargai dan juga menerima perbedaan, kalian tak akan mudah terlibat sebuah masalah di luar rumah.

Keinginan untuk Memperkuat Silaturahmi

jelaskan mengenai faktor pembentuk toleransi

Keinginan dalam memperkokoh silaturahmi juga sudah menjadi faktor penyebab terjadinya sebuah perilaku toleransi. Keinginan agar selalu bisa bersaudara walaupun terdapat perbedaan bisa menghadirkan sikap toleransi yang ada di dalam diri.

Sikap ini bisa menjadi suatu cara untuk mencegah radikalisme dan juga terorisme tumbuh di dalam masyarakat. Selain beberapa faktor di atas masih ada beberapa faktor yang penyebabnya yakni sebagai berikut.

  • Menerima perbedaan dengan adanya rasa syukur. Dikarenakan dengan adanya perbedaan ini jadi kita bisa belajar lebih banyak dibandingkan orang lain. Kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga dari seorang pendatang.
  • Menghormati sesama masyarakat lain, hal ini terpenting sebagai sebuah faktor dari dasar perilaku toleransi. Dengan kita menghormati sesama manusia jadi masyarakat akan mempunyai rasa toleransi kepada perilaku sesamanya.
  • Melestarikan perilaku gotong royong di dalam lingkungan sekitar. Hal ini dapat menjadi faktor penyebab terciptanya perilaku toleransi dikarenakan dengan adanya gotong royong maka kita bisa selalu mengutamakan kepentingan umum dengan kepentingan pribadi kita sendiri.
  • Menghargai sesama masyarakat lain. Dengan kita bisa menghargai manusia di lingkungan sekitar maka dengan adanya perilaku toleransi orang itu akan tinggi.
  • Memiliki rasa peduli yang sangat tinggi ialah faktor penyebab terjadinya perilaku toleransi yang selanjutnya. Dengan kita peduli antar sesama maka kita bisa menekan ego untuk kepentingan bersama.
  • Bukan kita meremehkan kepercayaan dari orang lain. Perilaku toleransi sebagai sebuah kaum mayoritas akan memberikan suatu rasa aman pada kaum minoritas dalam beribadah, dan juga kaum minoritas pun akan lebih menghormati kaum mayoritas dengan mendukung dalam proses ibadah yang sedang dilakukan kaum mayoritas.
  • Membantu antar manusia tanpa kita membedakan ras, agama dan juga suku ialah faktor perilaku toleransi.

Dan itulah faktor-faktor penyebabnya, semoga dengan adanya pembahasan diatas bisa membantu kalian semua, dan kami berterima kasih sudah mengunjungi doki.co.id.

Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung