Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung

Fungsi Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa

3 min read

Fungsi Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa

Apa fungsi tata tertib sekolah bagi siswa? Pertanyaan itu sekarang banyak ditanyakan oleh anak SD yang baru masuk ke sekolah semenjak libur pandemi berakhir. Karena banyak yang tidak mengetahuinya maka dibawah ini akan kami jelaskan lengkap dengan pengertian, dan tujuannya.

Pendidikan ialah hal yang terpenting, dimana dasarnya pendidikan ialah salah satu usaha yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan anak didik maupun siswa di dalam menghadapi lingkungan yang selalu saja berubah-ubah.

Atau kata lainnya, pendidikan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup, baik itu kehidupan secara pribadi ataupun bermasyarakat. Dimana pendidikan dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Di dalam lingkungan sekolah, pastinya banyak sekali anak didik yang mempunyai sifat dan juga karakter yang berbeda dari siswa yang satu dengan siswa lainnya.

Hal itu akan berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan dan juga ketertiban di sekolah yang wajib ditegakkan berguna menjamin keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Untuk hal itu, sangatlah diperlukan sebuah tatanan berguna mengatur disiplin ataupun ketertiban siswa atau biasa dikenal dengan nama Tata Tertib Sekolah.

Pengertian Tata Tertib Sekolah

contoh tata tertib sekolah

Untuk tata tertib sekolah itu sendiri memiliki beberapa pengertian mulai dari pada umumnya, menurut Indrakusumah, dan menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk penjelasan lengkapnya dibawah ini.

  • Pengertian pada umumnya, tata tertib sekolah ialah seperangkat ketentuan atau peraturan yang secara organisasi hal itu mengikat setiap komponen-komponen sekolah, baik itu seorang siswa, kepala sekolah, perangkat ataupun guru dengan tujuan yang sudah ditetapkan oleh sekolah agar dapat tercapai.
  • Menurut seorang Indrakusumah (1973:140) dimana ia menyatakan bahwasanya tata tertib merupakan sederetan peraturan yang wajib ditaati dalam sebuah situasi ataupun dalam tata kehidupan yang tertentu.
  • Menurut Kemendikbud (1998:37), tata tertib sekolah merupakan peraturan yang dimana mengatur segenap tingkah laku siswanya selama mereka bersekolah agar dapat menciptakan suasana yang bisa mendukung jalannya pendidikan

Catatan: Untuk kalian yang ingin mengetahui pengertian tata tertib sekolah menurut para ahli DISINI

Fungsi Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa

Tata tertib sendiri memiliki beberapa fungsi untuk para siswa/siswi. Adapun fungsinya bisa kalian lihat dibawah ini:

1. Sebagai Sebuah Sarana pendidikan

apa manfaat adanya sanksi di sekolah

Dengan adanya tata tertib sekolah maka bisa memperkenalkan kepada siswa bagaimana perilaku yang disetujui oleh sebuah lingkungan. Dengan begitu akhirnya siswa bisa membawa dirinya masuk ke dalam kehidupan yang jauh lebih luas yakni lingkungan masyarakat, dimana sebelum mereka terjun ke dalam lingkungan bermasyarakat.

Para siswa sudah dibekali dengan adanya pengetahuan dan juga keterampilan agar bisa mengekang ataupun mengendalikan diri. Sehingga kedepannya mereka diharapkan bisa menciptakan sebuah lingkungan yang tenang, aman, damai, dan harmonis.

2. Sebagai Alat Mengatur Perilaku & Sikap Siswa Selama di Sekolah

menurut pendapatmu apakah fungsi tata tertib di sekolah

Dengan adanya tata tertib sekolah diharapkan bisa menjamin kehidupan yang tenang dan tertib di lingkungan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik dan lancar.

Untuk pelaksanaan tata tertib di sekolah dengan tepat, konsekuen, jelas, serta diawasi secara sungguh-sungguh, maka bisa menciptakan sebuah suasana belajar di sekolah yang tertib, tentram, dan damai.

Tata tertib sekolah yang dilaksanakan dan ditaati dengan baik oleh siswa ataupun siswinya bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk mereka agar bisa menghormati aturan-aturan pada umumnya, kemudian mereka juga bisa belajar mengembangkan sikap mengendalikan diri dan mengekang.

3. Sebagai Sebuah Pedoman Siswa Dalam Berperilaku

sebutkan tata tertib di sekolah

Tata tertib sekolah juga bisa menjadi sebuah pedoman bagi siswa dalam perilaku serta bisa memotivasi siswa agar bisa berperilaku ataupun bertindak sesuai apa yang diharapkan dalam bersosialisasi.  

Tata tertib di sekolah juga bisa menjadi unsur kedisiplinan perilaku siswa. Kemudian disiplin dalam pelaksanaan tata tertib sekolah akan tercipta lingkungan sekolah yang aman, dan tentram. Dan dengan begitu pula para siswa dapat berperilaku sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh sekolah.

Itulah ketiga fungsi tata tertib dilakukan di sekolah. Untuk pembahasan selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai tujuan diberlakukannya tata tertib di sekolah.

Tujuan Dibuatnya Tata Tertib Sekolah

manfaat tata tertib di rumah

Tata tertib sekolah dibuat secara resmi oleh pihak yang berwenang dengan melihat berbagai macam pertimbangan yang sesuai dengan situasi dan juga kondisi lingkungan sekolahnya.

Tata tertib di sekolah memuat semua hal yang diwajibkan ataupun hal yang dilarang untuk siswa lakukan selama mereka ada di dalam lingkungan sekolah.

Apabila ternyata terjadi sebuah pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa ataupun warga sekolah lainnya, maka pihak sekolah mempunyai wewenang memberikan sebuah sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Tata tertib sekolah diciptakan untuk mengatur semua kegiatan sekolah sehingga terciptalah suasana tata kehidupan sekolah yang sopan, santun dan sehat dimana nantinya bisa menjamin kelancaran kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dari tata tertib sekolah dibuat ialah sebagai berikut:

  1. Untuk menciptakan sebuah suasana yang aman dan juga tentram untuk seluruh warga sekolahnya
  2. Menciptakan suasana yang jauh bersih dan sehat untuk semua warga sekolah
  3. Membuat kondisi yang sangat teratur dengan mencerminkan keserasian, keseimbangan, dan keselarasan, baik dalam tata ruang, tata pergaulan, tata kerja, dan lain-lainnya di dalam lingkungan sekolah.
  4. Menciptakan suatu lingkungan yang baik sehingga terciptanya keindahan yang dapat dirasakan oleh semua warga sekolah
  5. Untuk membina sebuah tata hubungan baik antara para siswa, guru, dan juga warga sekolah yang lainnya dengan mencerminkan sikap dan juga rasa gotong-royong, saling membantu, keterbukaan, saling menghormati, dan juga saling tenggang rasa.

Dengan adanya tatanan peraturan sekolah ini, maka bisa menciptakan sebuah ketertiban di sekolah sehingga terciptalah kondisi yang dinamis dan bisa menimbulkan keserasian dan juga keseimbangan tata kehidupan bersama-sama di dalam lingkungan sekolah.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwasanya tata tertib sekolah ialah hal yang terpenting untuk para siswa, dimana hal itu bisa mendidik kemudian membina perilaku siswa disekolah.

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan oleh doki.co.id mengenai fungsi tata tertib sekolah bagi siswa lengkap dengan pengertian, dan tujuannya. Semoga ilmu yang kami berikan diatas dapat bermanfaat untuk adik-adik semua. Sekian terimakasih.

Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung