Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung

Pengertian Tata Tertib Sekolah

5 min read

Pengertian tata tertib sekolah

Tata tertib bisa menciptakan sesuatu hal yang terpenting di dalam tatanan kehidupan. Dimana setiap sendi kehidupan pastinya ada tata tertib. Baik di dalam keluarga, lingkungan sekolah, masyarakat, maupun berbangsa dan juga bernegara. Tapi disini kita akan terfokus membahas mengenai Pengertian Tata Tertib Sekolah.

Tata tertib hampir sama dengan norma hukum, yang dimana mengatur semua tingkah laku, perbuatan manusia dalam lingkungannya.

Tata tertib antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya pasti berbeda. Dan Tatanan kehidupan ini dibuat sesuai kebutuhan masyarakatnya.

Tata tertib yang sudah berjalan baik pastinya menciptakan kedamaian dan juga kerukunan dalam bermasyarakat. Tata tertib juga bisa menjamin keseimbangan diantara hak dan juga kewajiban warga yang satu dengan warga yang lainnya.

Pengertian Tata Tertib Menurut Para Ahli

Pengertian Tata Tertib Menurut Para Ahli

Banyak sekali ahli yang mendefinisikan mengenai pengertian tata tertib sekolah, mau tahu selengkapnya? berikut adalah penjelasannya:

  • Sugono (2003)

Tata tertib merupakan sebuah petunjuk ataupun pedoman, kaidah dan juga ketentuan yang diciptakan untuk mengatur. Sugono juga menekankan bahwa tata tertib itu ada agar bisa mengatur setiap tingkah laku ataupun tindakan seseorang dalam bermasyarakat.

Dengan ada yang mengatur tingkah laku manusia maka kehidupan manusia itu sendiri akan tertata dan akan damai sejahtera.

  • Adiwimarta dalam Prayoga (2000)

Tata tertib merupakan serangkaian bentuk peraturan yang harus dipatuhi dan ditaati kemudian dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri.

Pendapat Adiwimarta menekankan bahwa sanya tata tertib merupakan hal yang wajib dijalankan masyarakat tanpa ada yang dibedakan.

  • Kamaruzaman dalam Sujanto Bejo (2001)

Kamaruzaman mendefinisikan tata tertib merupakan hal yang sudah disepakati dan sifatnya mengikat sekelompok orang maupun lembaga dalam upaya menggapai sebuah tujuan hidup.

Tata tertib juga bisa diartikan sebagai tatanan yang memiliki tujuan dalam menjadikan masyarakat teratur dan terstruktur maupun sistematis dari sebuah proses yang sedang dijalani.

  • Meichati (1980)

Tata tertib merupakan salah satu peraturan yang sifatnya mengikat seseorang ataupun kelompok, dan bertujuan untuk menciptakan suatu keamanan, ketentraman, orang ataupun sekelompok tersebut. Di pendapat ini disebutkan juga tujuan tata tertib yakni menjaga keamanan di dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Tata Tertib Dalam Hukum

tujuan tata tertib sekolah

Tata tertib merupakan peraturan-peraturan yang sudah disepakati oleh sebuah lembaga yang harus dipatuhi oleh masyarakat, jika dilanggar akan diberikan sebuah sanksi.

Tata tertib mempunyai sifat memaksa, sehingga wajib masyarakat untuk menjalankannya. Sama dengan halnya hukum, tata tertib juga mempunyai sanksi untuk siapa saja yang sudah melanggar.

Perbedaan yang mendasar tata tertib dan juga hukum ialah ruang lingkupnya. Peraturan ataupun tata tertib yang dijangkau secara luas, diterima, di taati, dan mengikat masyarakat umumnya disebut dengan hukum.

Hukum yang dibuat lembaga sistem pemerintahan bertujuan memberikan sebuah ketentraman dan rasa nyaman kepada seluruh masyarakat.

Sedangkan untuk tata tertib berlaku sangat terbatas, artinya bahwasanya tata tertib tersebut hanya berlaku di wilayah ataupun tempat yang ikut ke dalam menyepakati tata tertib itu sendiri.

Pengertian Tata Tertib Dalam Masyarakat

Pengertian Tata Tertib Dalam Masyarakat

Pengertian tata tertib sejatinya merupakan peraturan yang hidup didalam kehidupan masyarakat. Tata tertib ini dapat dikatakan hasil dari kesepakatan bersama.

Sehingga seluruh masyarakat wajib mematuhi tata tertib yang telah sudah dibuat. Tata tertib akan mengatur semua perilaku dan juga tindakan masyarakat supaya tak menyimpang dari norma yang sudah ada.

Karena adanya tata tertib ini diharapkan masyarakat bisa hidup rukun dan juga harmonis. Tata tertib diciptakan supaya masyarakat bisa saling menghargai dan saling menghormati antara satu orang dengan orang lain.

Sehingga tata tertib mempunyai peran penting dalam menjaga ketenangan di dalam kehidupan bermasyarakat. Karena tata tertib ini berperan penting apakah kalian mengetahui manfaat tata tertib itu sendiri? Apabila belum mengetahuinya bisa kalian simak manfaat dari tata tertib di bawah ini.

Manfaat Tata Tertib di Sekolah

Setelah kita mengetahui pengertian tata tertib sekolah selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat tata tertib yang dilakukan di sekolah. Dan manfaatnya antara lain sebagai berikut.

1. Melatih kedisiplinan

pengertian tata tertib sekolah menurut para ahli

Pastinya tujuan utama dibuatnya tata tertib yakni untuk melatih kedisiplinan para siswanya. Dengan menjadi seorang siswa yang disiplin, maka proses belajar mengajar bisa berlangsung secara efektif dan nyaman.

Contohnya saja, waktu masuk sekolah akan dimulai pukul 07.30 pagi. Maka mewajibkan para siswa datang sebelum bel tanda masuk berbunyi, apabila ditaati maka proses belajar mengajar bisa dimulai tepat waktu.

2. Mengingatkan tugas sebagai seorang pelajar

mengapa tata tertib sekolah harus ditaati

Siswa diharuskan menggunakan seragam tidak lain dan juga tidak bukan supaya orang-orang bisa mengidentifikasi bahwa mereka ialah seorang pelajar.

Hal ini dapat memudahkan para guru untuk mengenal para siswanya, begitupun masyarakat. Untuk siswa sendiri, menggunakan seragam bisa mengingatkan mereka bahwa mereka ialah seorang pelajar yang mempunyai tugas utama yaitu belajar.

3. Melatih tanggung jawab

mengapa tata tertib sekolah harus kita taati

Jika guru memberikan sebuah tugas ataupun pekerjaan rumah maka siswa wajib untuk mengerjakannya. Hal ini bisa melatih tanggung jawab siswa kepada apa yang sudah diamanatkan kepadanya.

Dan mengapa tata tertib itu harus ditaati oleh para siswa? Harus kalian ingat, siswa juga harus belajar mengenai adanya konsekuensi jika tak melaksanakan tata tertib yang sudah dibuat.

Di lain pihak, siswa juga akan belajar bahwasanya melakukan tata tertib akan mendapatkan sebuah reward jika mengerjakan apa yang sudah menjadi kewajibannya.

4. Melatih kejujuran

pengertian tata tertib sekolah pdf

Setiap siswa atau siswi yang tidak masuk kelas harus memberikan sebuah surat keterangan kenapa mereka tidak bisa mengikuti pelajaran hari tersebut.

Jika mereka sedang sakit mereka harus memberi sebuah surat sakit atau jika mereka izin maka surat izin pun dibutuhkan.

Hal ini bertujuan melatih kejujuran dan juga menghindarkan para siswa dari perilaku membolos dan berbohong, jika mereka tidak hadir di dalam kelas. Pastinya ketidakhadiran yang tak beralasan bisa berbuah suatu konsekuensi.

5. Mengefektifkan suatu kegiatan

macam macam tata tertib

Ketidakteraturan pastinya menyebabkan semua kegiatan menjadi tak efektif. Bayangkan jika para siswa yang datang terlambat dan masuk ke kelas secara bergantian padahal kelas sudah dimulai.

Pastilah proses belajar mengajar akan selalu terpotong dan pada akhirnya terganggu. Begitu juga jika terdapat suara telepon pada saat kegiatan belajar.

Secara demikian, peraturan supaya tidak telat dan tak mengaktifkan telepon pada saat di kelas bisa membantu keefektifan kegiatan belajar mengajar.

Selain pengertian tata tertib dan manfaat di sekolah kita juga akan membahas mengenai tujuan dibentuknya tata tertib di sekolah, untuk penjelasannya dibawah ini.

Tujuan Dibentuknya Tata Tertib di Sekolah

macam-macam tata tertib

Tata tertib yang ada di sekolah dibuat secara resmi oleh pihak yang memiliki wewenang dengan berbagai pertimbangan sesuai dengan situasi dan juga kondisi lingkungan sekolah itu.

Tananan peraturan dibuat oleh sekolah memuat semua hal yang diwajibkan serta hal yang dilarang siswa selama ia berada di dalam lingkungan sekolah, dan ternyata masih terjadi pelanggaran tata tertib yang sudah dilakukan siswa maupun warga sekolah yang lainnya, maka pihak sekolah mempunyai wewenang memberikan sebuah sanksi sesuai peraturan yang sudah berlaku.

Tata tertib yang sekolah bentuk bertujuan mengatur kegiatan di sekolah sehingga terciptalah suasana tata kehidupan sekolah yang sangat santun dan sehat yang pada nantinya bisa menjamin kelancaran kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dibuatnya tata tertib sekolah ialah sebagai berikut:

  1. Membuat lingkungan yang sangat baik sehingga terciptalah keindahan yang dapat dirasakan seluruh warga sekolah
  2. Menciptakan sebuah suasana yang bersih dan sehat untuk semua warga sekolahnya
  3. Menciptakan kondisi yang sangat teratur dimana mencerminkan keserasian, keselarasan, kemudian keseimbangan baik dalam tata ruang, tata pergaulan, tata kerja, dan lain-lainnya di dalam lingkungan sekolah.
  4. Untuk membina hubungan baik antara siswa, guru, serta warga sekolah yang lainnya dimana hal tersebut mencerminkan sikap dan juga rasa gotong-royong, saling membantu, keterbukaan, saling menghormati, dan juga saling tenggang rasa.
  5. Untuk menciptakan sebuah suasana yang aman dan juga tentram untuk semua warga sekolah

Apakah kalian bisa menyebutkan tata tertib di sekolah? Jika kalian belum bisa atau belum tahu di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh tata tertib di lingkungan sekolah.

Contoh Tata Tertib di Lingkungan Sekolah

Adapun contoh-contoh tata tertib yang biasanya kita temui di dalam lingkungan sekolah. Antara lain sebagai berikut;

1. Aturan Masuk dan Pulang Sekolah

sebutkan tata tertib di sekolah

Tata tertib bertujuan sebagai ketertiban contohnya ialah aturan masuk dan juga pulang sekolah. Masuk sekolah tak boleh terlambat, sebelum masuk ke dalam kelas ada tata tertib yaitu baris di depan kelas kemudian bersalaman dengan guru.

Setelah itu mereka mengucapkan salam pada sang guru. Dan siswa diharapkan datang maksimal waktu kurang dari sepuluh menit sebelum pelajaran akan dimulai.

Selanjutnya siswa tak boleh meninggalkan area sekolah sebelum bel pelajaran selesai telah dibunyikan. 10 menit sebelum bel pelajaran akan dibunyikan, siswa mengadakan sebuah piket kelas, menata meja kembali, kursi dan juga mematikan peralatan elektronik yang telah dipakai.

Untuk seorang siswa yang tak menaati tata tertib itu, maka biasanya bisa diberikan sebuah sanksi yang berupa teguran dan semacamnya. Sesuai tata tertib ataupun sesuai kehendak guru yang sedang mengajar.

2. Mengenakan Seragam Lengkap

pengertian peraturan sekolah menurut para ahli

Setiap sekolah pastinya mempunyai seragam sendiri agar dapat membedakan sekolah, jenjang kelas, ataupun wilayah sekolah. Siswa bukan hanya mempunyai satu seragam.

Contohnya saja senin menggunakan kemeja putih, bawahan merah ataupun biru, mengenakan topi, lalu ikat pinggang dan dilengkapi oleh dasi.

Ada juga baju olahraga, baju pramuka, serta baju batik yang dipakai hari yang telah ditentukan oleh sekolah. Jika terdapat siswa tak memakai seragam sesuai peraturan biasanya siswa tersebut akan diberikan sanksi oleh guru BK ataupun guru yang lainnya.

Tujuan diwajibkannya menggunakan seragam selain sebagai identitas ialah supaya anak belajar lebih disiplin, kerapian, dan lebih menjaga kesopanan pada saat sedang belajar. Kedisiplinan akan terbangun dengan sendirinya pada saat mereka patuh terhadap penggunaan seragam sesuai dengan aturan.

Kerapian bisa terbangun pada saat memakai seragam dengan tertib dan sangat rapi supaya indah saat dipandang. Kesopanan juga akan terbangun pada saat menggunakan seragam sesuai pada tempatnya.

3. Kehadiran di Sekolah

tujuan tata tertib sekolah

Tata tertib soal kehadiran contohnya datang tidak terlambat. Jadi sesuai waktu yang telah ditentukan sekolah. Pada saat terlambat harus melaporkan diri kepada petugas piket kemudian memberikan alasan mengapa datang terlambat.

Sebelum masuk kedalam ruangan, siswa yang terlambat ini meminta izin terlebih dulu kepada guru yang sedang mengajar didalam kelas tersebut.

Siswa juga harus mengisi semua daftar kehadiran sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan sebagai syarat untuk kenaikan kelas. Siswa dilarang untuk membolos atau tak masuk sekolah tanpa adanya keterangan.

Jika terpaksa siswa tak dapat hadir di sekolah dikarenakan sakit ataupun kegiatan urgent, mereka juga harus membuat sebuah surat ijin ataupun menyampaikan izin kepada orang tua. Sama seperti halnya tata tertib yang lainnya, kehadiran di sekolah bisa membangun arti disiplin dan juga kejujuran.

Kedisiplinan bisa terbangun pada saat mereka rajin berangkat sekolah dan tak pernah membolos. Kejujuran juga bisa terbangun pada saat siswa tak berbohong mengapa mereka tak masuk ataupun pada saat datang terlambat.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan oleh doki.co.id mengenai pengertian tata tertib sekolah lengkap dengan manfaat, tujuan, dan contohnya. Semoga ilmu yang kami berikan diatas dapat bermanfaat untuk adik-adik semua. Sekian terimakasih.

Reki Dwi Putra Seorang anak muda yang suka berbagi ilmu pengetahuan dan bertempat tinggal di Lampung